7 Penyebab Susah Hamil yang Sering Diabaikan

penyebab susah hamil

Tidak semua pasangan langsung dikaruniai buah hati. Beberapa pasangan sering terkendala sulit mendapatkan momongan. Namun sayangnya, tidak semua pasangan yang sudah menikah tahu apa saja penyebab susah hamil. Padahal, mengetahui penyebabnya sedikit banyaknya bisa membantu mencari jalan keluar.

Ragam Penyebab Wanita Susah Hamil yang Tak Banyak Diketahui

Setidaknya ada 7 penyebab yang sering terjadi. Nah, di sini kami akan coba jelaskan apa saja penyebab-penyebabnya.

1.Terjadinya Gangguan Ovulasi

Sebagai informasi, tubuh wanita harus melepaskan sel telur setiap bulannya. Pada saat proses pelepasan telur ini, dikenal juga dengan istilah ovulasi yang menentukan masa subur wanita. Adanya gangguan ovulasi, seperti kelebihan hormon, gangguan kelenjar hipofisis, juga dapat menyebabkan gangguan masa kesuburan.

2.Penyumbatan Tuba Falopi2.

Sebagai informasi, tuba falopi adalah saluran yang menghubungkan rahim dan ovarium. Pada masa kesuburan, sel telur akan berjalan melalui ovarium, lalu kemudian menuju rahim melalui tuba falopi ini.  Maka jika terjadi penyumbatan pada tuba falopi, sperma akan sulit mencapai rahim.

3.Bentuk Rahim Abnormal

Sulit mendapatkan momongan juga bisa terjadi akibat adanya kelainan bentuk rahim, atau rahim abnormal. Umumnya bentuk rahim yang tidak beraturan akan sulit dibuahi. Kelainan ini bisa terbentuk secara alami. Atau bisa juga diakibatkan oleh infeksi dan juga pembedahan perut.

4.Endometriosis

Endometriosis adalah kondisi saat jaringan yang melepaskan rahim tumbuh di luar rahim. Kondisi ini juga bisa menyebabkan sulitnya terjadi kehamilan. Bahkan menurut faktanya, 50% wanita yang memiliki kondisi ini, kemungkinan akan sulit mendapatkan kehamilan.

Selain itu, wanita dengan kondisi ini sering mengalami kram pada saat menstruasi.

5.Interfilitas Pada Pria

Susah hamil tidak hanya disebabkan gangguan yang terjadi pada wanita saja. Sulitnya mendapatkan kehamilan juga bisa terjadi akibat interfilitas pada pria. Kondisi pada pria ini, berkaitan dengan ketidaksuburan yang menyebabkan sulitnya mendapatkan momongan.

Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan kondisi ini, mulai dari sperma yang sedikit, disfungsi ereksi, dan beberapa kondisi lainnya.

6.Faktor Usia

Usia juga menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan sulitnya mendapatkan kehamilan. Faktor ini berlaku untuk perempuan maupun laki-laki.

Wanita yang sudah berusia 35 tahun, dan laki-laki berusia 40 tahun, membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan momongan. Usia juga dapat mempengaruhi kualitas dan juga kuantitas sel telur.

7.Tidak Memperhatikan Pola Hidup Sehat

Ketidaksuburan juga dipengaruhi oleh gaya hidup yang tidak sehat. Itulah kenapa, menjaga kesehatan adalah salah satu cara yang paling tepat untuk meningkatkan kesuburan.

Gaya hidup yang tidak sehat yang dapat mempengaruhi kesuburan di antaranya seperti mengkonsumsi alkohol, merokok, obat-obatan terlarang dan sebagainya.

Untuk meningkatkan kesuburan, pastikan Anda menerapkan pola hidup sehat setiap hari. Usahakan juga untuk menjaga kesehatan dengan rutin berolahraga, dan mengonsumsi makanan sehat.

Cara Mengatasi Penyebab Susah Hamil

Untuk mengatasi penyebab-penyebab susah hamil di atas, Anda perlu mengkonsultasikan dengan dokter kandungan. Para dokter akan memberi Anda solusi yang lengkap dan tepat sesuai dengan kondisi Anda.

Selain itu, optimalkan juga dengan usaha sendiri, seperti menjaga pola hidup sehat, dan memperhatikan pola makan yang baik. Jangan lupa juga untuk rajin berolahraga. Tips ini tidak hanya untuk wanita saja, juga untuk pria yang ingin cepat mendapatkan momongan.

Itulah beberapa penyebab susah hamil yang jarang diketahui. Semoga penjelasan di atas dapat menambah wawasan Anda untuk memulai mempersiapkan kehamilan sejak dini. Selain itu, melalui informasi di atas, Anda juga bisa mengetahui cara yang ampuh untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat.

 

.

 

about author

token

[email protected]

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *